Kamis, 07 April 2011

Resensi Novel

Nama : RHAINY RAHMY
KELAS : 3 KA 17
NPM : 11108636

Identitas buku

a. Judul Buku : keren bukan jaminan
b. Nama Pengarang : cyntia Surentu
c. Tahun Terbit :2005
d. Nama Penerbit :PT Gramedia Widiasarana Indonesia
e. Tempat Terbit :jakarta

Pokok-pokok isi buku:
buku ini menceritakan sebua keluarga yang sangat bahagia awalnya. Dikeluarga ini mempunyai 5 orang anak yang terdiri dari 4 laki - laki dan 1 anak perempuannya yang paling kecil. Anakm - anak nya bernama Tyrone,Trey,Terrance,Tory,Tabitha.
kakak - kakaknya tabitha memanggil di kue tabi seperti didalam film teletubbies.
anak pertama atau yang paling tua itu adalah Tyrone dia adalah lulusan sarjana ekonomi. yang kedua Trey dia adalah sarjana S1 arsitektur tetapi pekerjaannya yang sekarang sangat bertolak belakang dengan jalur pendidikannya yaitu dia sering sekali menulis novel - novel. yang ke tiga Terrance sarjana sastra jepang tetapi salah jurusan yaitu bekarja sebagai manajer band yang katanya bentar lagi ngetop. yang ke empat Tory dia sebagai model sejak masa SMA nya dahulu dan hanya mengambil kursus Toefl,Komputer dan bahasa mandarin. dan yang terakhir adalah anak satu - satunya perempuan yaitu tabitha yang sekarang masih kuliah disalah satu unuversitas jakarta.
keluarga mereka mempunyai sebuah usaha yaitu cafe. setiap sore anak- anak mereka manjadi pelayan untuk menarik cafe itu supaya ramai.
pada suatu hari datang seorang wanita yang berwajah cantik sekali. tabitha melihatnya langsung bertanya kepada wanita tersebut,ternyta wanita tersebut mancari kakak pertamanya Tyrone, ternyata wanita itu adalah mantan kekasihnya tyrone.kakak - kakak tabitha tidak menyukai wanita tersebut karena wanita tersebut sudah memiliki suami yang mana suaminya bekerja diperusahaan papa tabitha.
setelah beberapa meraka makin akrab dan muncul lah perasaan cinta, tetapi sang wanita hanya menganggap tyrone seorang sahabat saja. tyrone tidak memperduliakn keluarganya karena dia sangat menyukai wanita itu, maka terjadilah pertangkarang antara kakak beradik itu.beberapa hari kemudian tyrone memutuskan untuk pindah ke apartemen yang sama dengan wanita tersebut.
setelah beberapa bulan tyrone tinggal di satu tempat apartemen yang hanya membedakan beberapa lantai saja dengan wanita itu. ternyata yang wanita masih mencintai suaminya yang dahulu.
tyrone sangat sakit hatinya begitu mengetahuinya kalau ternyata wanita itu masih mencintai suaminya dan ingin kembali kepada suaminya seperti dahulu. tyrone sangat menyesal telah meninggal keluarganya demi wanita yang tidak mencintai dia.
setelah beberapa hari dengan hati yang sangat malu tyrone pulang kembali kerumah dan ternyata kluarganya menyambutnya dengan senang hati. dan mereka memaafkan tyrone akhrnya keluarga itu kembali bahagia

Keunggulan:
novel ini memberi kita pelajaran bahwa keluarga lebih diutamakan dari pada urusan apapun, baik itu cinta, harta, dan lain-lain. semua yang dikatakan oleh keluarga itu yang terbaik buat diri kita.

kekurangan:
novel ini ceritanya berbeda-beda antara satu bab dang bab yg satu lagi, jadi sangat membingungkan membacanya.
saran-saran yg hrus dtambah : perbagus lagi ceritanya dan jangan dibeda-bedakn antara bab satu dengan bab dua nya.karna itu bisa membuat ppembaca bingung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar