Jumat, 30 Desember 2011

tugas ekperimen









Open Suse sebagai Proxy Server bisa dilakukan dengan configurasi Squid. Konfigurasi Squid Open Suse ini ada Dua macam cara, Pertama dengan cara manual perubahan file configurasi (squid.conf), Kedua perubahan dengan menggunakan cara Webmin. Install Squid Proxy pasa Open Suse dengan mengggunakan Webmin saja, Untuk itu download dahulu Webminnya. Setelah Webmin di install ikuti petunjuk seperti gambar dibawah ini :

  • Install Squid dengan YAST menggunakan Consuole atau Terminal dengan perintah yast –I squid
  • Buka Browser seperti Mozilla Firefox atau Opera atau Internet Explorer https://ip anda:10000
Masukkan User dan Password Webmin seperti gambar di bawah ini :










Pada halaman Webmin pilih bagian “Server | Squid”. Lalu Klik “Initialize Cache” Unuk melakukan instalasi cache yang digunakan di Squid.









Klik “ Return to Squid Index”. Lalu klik “Ports and Networking” untuk menentukan port yang digunakan, Default port Squid adalah 3128. Dan disini menggunakan port 8080 , jika sudah di ubah klik “Save”.













Kembali kehalaman awal dan klik “Other Caches | Add Another Cache”, untuk Hostname yang di bawah hanya contoh saja, isikan IP Address yang digunakan port 8080 dan untuk Icp pakai port default saja yaitu 3130












Setelah selesai klik Save dan kembali kehalaman utama. Klik “MemoryUsage” untuk ukuran proxy yang digunakan, isikan 1/3 dari memory, setelah selesai klik “Save” , contoh seperti gambar dibawah ini :











Kemudian klik “Acces Control” untuk menentukan batasan – batasan yang di gunakan oleh Proxy. Kemudian klik “Create New ACL” berdasarkan “Client Address”.










Beri nama ACL pada “Acl Name” kemudian isikan “From Ip” dengan ranges ip yang boleh mengakses proxy, dan isikan “Netmask” setalah itu klik “Save”, seperti contoh di bawah ini :












Masih di halaman “Access Control”, klik “Add Proxy Restriction” disini bisa menentukan apakah suatu aturan memperbolehkan akses atau tidak terhadap ACL yang sudah dibuat. Dalam ACL wirelessrouterproxy sesuai dengan contoh akan memberikan akses “Allow”. Pilih ACL yang sudah dibuat, klik “Allow” dan klik “Save”.















Agar ACL yang kita buat diproses lebih dahulu dibandingkan ACL lainnya, pindahkan urutan ACL yang kita buat agar naik ke peringkat atas. Hal ini bisa dilakukan dengan menekan tombol panah keatas pada ACL yang dibuat. Beginilah cara penginstalan Squid Proxy pada Open Suse.















Cara Mengsetting ACL (Access Control List) Squid Proxy untuk memblokir website –website tidak baik pada Server. Sebenarnya cara ini merupakan cara jadul tetapi masih ampuh dan banyak digunkan. Intinya adalah terlebih dahulu membuat sebuah ACL yang berisikan daftar website atau konten yang akan di blokir, kemudian ACL tersebut dimasukkan pada file Squid.conf, berikut langkah – langkahnya:

  1. Login ke server yang akan diakses oleh root.
  2. Buatlah sebuah fila berisikan domain dan konten yang akan diblokir, misalkan nama filenya blacklist:"Nano /etc/squid/blacklist"
  3. Edit file /etc/squid/squid.conf kemudian masukkan ACL ynag sudah dibuat : "Nano /etc/squid/squid.conf"
  4. Reload konfigurasi squid dengan perintah: "Squid -k reconfigure"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar