Sabtu, 19 September 2009

TAZMANIA akan punah??

Karakter kartun Tasmanian Devil yang menggemaskan itu bisa jadi akan menjadi tokoh kartun belaka, sebab kini hewan khas Australia tersebut kian terancam punah. Ada semacam wabah infeksi kanker yang menyebar di kalangan mamalia marsupial ini.

Kini pemerintah Australia memasukan hewan itu dalam daftar spesies yang terancam punah. Populasinya sudah menyusut hingga 70% sejak tahun 1996, ketika penyakit itu mulai mewabah,demikian menurut Sydney Morning Herald.

Kian Terancam

Kepunahan memang menjadi hal ironi dalam hidup ini. Ilmuwan mengatakan bahwa sebanyak 99% spesies yang ada di muka bumi kini sudah punah. Mereka juga berpendapat kini bumi tengah menuju kepunahan akibat dari perilaku manusia terhadap habitatnya sendiri.

Tasmanian Devil mudah diketahui penyusutan populasinya karena mereka hidup di satu tempat saja. Sementara banyak spesies lain yang tersebar di muka bumi dan tengah menuju kepunahan tanpa kita sadari. Sebagian spesies punah akibat mulai sulit mencari sumber makanan, kehilangan tempat tinggal, didewa wabah penyakit, termasuk juga sulit melihat akibat polusi yang kian parah.

Wah, jangan sampai manusia ikut punah saja ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar